Zakat yang Dikumpulkan Baitul Mal Aceh Utara Tahun 2019 Meningkat

BMK Aceh Utara, Lhoksukon | Jumlah dana zakat dari PNS dan pengusaha yang berhasil dikumpulkan Baitul Mal Aceh Utara Tahun 2019 mencapai Rp 15,1 miliar lebih. Jumlah tersebut meningkat siginifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pada Tahun 2018 jumlah dana zakat yang terkumpul Rp 13,9 miliar. Artinya terjadi peningkatkan Rp 1,1 miliar pada tahun 2019.

“Sedangkan jumlah target kita pada tahun 2019 Rp 13,1 miliar. Tapi Alhamdulillah bisa terkumpul sampai dengan Rp 15,1 miliar lebih,” ujar Kepala Baitul Mal Aceh Utara, Tgk Yusradi Ismail kepada Serambinews.com, Rabu (5/5/2020).

Dengan meningkatnya zakat tersebut, artinya sosialisasi zakat yang diadakan Baitul Mal Aceh Utara pada tahun 2019 dan tahun 2018 berhasil mengajak PNS dan pengusaha untuk membayar zakat.

“Karena dalam sosialisasi itu Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib menyampaikan langsung kepada semua instansi pemerintahan dan pengusaha untuk membayar zakat. Ajakan tersebut, Alhamdulillah ditindaklanjuti oleh dinas,” ujar Tgk Yusradi.

Menurut Tgk Yusradi, peningkatan zakat itu dapat dengan membandingkan dengan tahun-tahun sebelummya. “Terjadi peningkatan itu dari zakat profesi di instansi pemerintah dan juga dari pengusaha yang menyetor ke kas daerah,” ujar kepala Baitul Mal Aceh Utara.

Kemungkinan kata Tgk Yusradi, sebelumnya masih kurang penekanan kepada instansi pemerintah dan pengusaha untuk membayar zakat ke Baitul Mal. Tapi ketika Bupati Aceh Utara menekankan kepada semua instansi harus membayar zakat ke Baitul Mal.

“Sehingga jumlah PNS yang membayar zakat itu itu bertambah,” katanya. Zakat dari instansi Pemkab Aceh Utara itu dikumpulkan oleh masing-masing bendahara di instansi pemerintah dan disetor ke baitul Mal setiap akhir bulan.(*)

Penulis | Editor: Tim Tekhnologi Dan Data Baitulmal Uceh Utara

Leave a Comment

Your email address will not be published.