Dukungan Penuh Bupati Untuk Peningkatan Zakat Baitul Mal Aceh Utara

Lhoksukon, – Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara di Tahun 2019 berhasil mengumpulkan Zakat Rp 15,1 miliar lebih. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada Tahun 2018 jumlah dana zakat yang berhasil dikumpulkan sebesar Rp.13,9 miliar. Artinya terjadi peningkatkan Rp 1,1 miliar pada tahun 2019, terang Kepala Baitul Mal Aceh Utara Tgk. Yusradi Ismail, SE Jumat (08/05).

“Target kita pada tahun 2019 terkumpul sebesar Rp. 13,1 miliar, Alhamdulillah bisa terkumpul sampai dengan Rp. 15,1 miliar lebih.

Masih menurut Tgk. Yusradi, peningkatan zakat itu diperoleh dengan membandingkan pendapatan zakat tahun 2019 dengan tahun-tahun sebelummya.

“Terjadi peningkatan itu dari zakat profesi di instansi pemerintah dan juga dari pengusaha yang menyetor ke kas daerah  Ujar kepala Baitul Mal Aceh Utara.

Lebih lanjut kata Tgk. Yusradi, kemungkinan tahun sebelumnya masih kurang penekanan kepada instansi pemerintah dan pengusaha untuk membayar zakat ke Baitul Mal.

Ketika Bupati Aceh Utara menekankan kepada semua instansi harus membayar zakat ke Baitul Mal. Sehingga jumlah PNS dan karyawan yang membayar zakat itu bertambah, Katanya.

Zakat dari instansi Pemerintahan Kabupaten Aceh Utara dan perusahaan swasta itu dikumpulkan oleh masing-masing bendahara instansi.

Untuk tahun 2020 ini pihak Baitul Mal Kabupaten  Aceh Utara menargetkan penerimaan Zakat  bertambah dari pedagang toko dan pengusaha lainnya di kecamatan serta penambahan penerimaan infaq sebagai tindak lanjut dari Peraturan Bupati Aceh Utara  Nomor 37 tahun 2019 dikenakan infaq bagi penjual tanah diatas Rp.150.000.000. sebesar 0,5%.

Bagi pengusaha dan pedagang yang ingin menyalurkan zakat dan infaq ke rekening Kas Daerah Rekening Zakat 030.01.02.610015-6 dan Infaq 030.01.02.803002-2, setelah melakukan ijab kabul dengan Kepala Baitul Mal, yang difasilitasi oleh sekretaris Baitul Mal atau bendahara penerimaan Atau bendahara penerimaan Zakat,infak dan shadaqah disekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara.

Tgk. Yusradi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Aceh utara, yang telah mendukung penuh kerja Baitul Mal, dan terima kasih kepada semua muzakki pembayar zakat di Baitul Mal, dan berharap untuk tahun tahun selanjutnya bertambah yang menyalurkan zakat dan infaqnya melalui Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat