Dok. Baitulmal Aceh Utara

Ratusan Imam Gampong di Aceh Utara Dibekali Persiapan Baitul Mal Gampong

BMK Aceh Utara, Lhoksukon | Pelatihan pemberdayaan 852 imam desa desa dalam 27 kecamatan di Aceh Utara yang diadakan Baitul Mal Aceh Utara.

Kegiatan ini berlangsung selama empat hari Senin-Kamis (15-18/12) untuk persiapan pembentukan Baitul Mal Gampong mulai tahun 2021.

Hal itu sesuai dengan Qanun Aceh Nomor 10 Taun 2020 tentang Baitul Mal.

“Pelatihan yang kita laksanakan bukan karena tidak tahu cara menghabiskan anggaran.

Tapi kita memang sudah lama kita cita-citakan sesuai dengan intruksi tegas dari Bupai Aceh Utara,” ujar Kepala Baitul Mal Aceh Utara, Tgk Yusradi Ismail SE, saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan kegiatan tersebut.

Disebutkan, pihaknya menargetkan mulai tahun 2021 semua gampong di Aceh Utara tersebut sudah terbentuk Baitul Mal yang dipimpin oleh imam desa guna memaksimalkan pengumpulan dan pengelolaan zakat.

“Pelatihan serupa sudah pernah kita laksanakan pada Tahun 2016,” ungkap Tgk Yusradi.

Namun, karena terbatasnya anggaran saat itu, sehingga hanya 60 gampong yang bisa mengikutinya.

Namun, karena terbatasnya anggaran saat itu, sehingga hanya 60 gampong yang bisa mengikutinya.

Diharapkan dengan adanya pelatihan tersebut selain terbentuk Baitul Mal Gampong  juga dapat terbangun basis data mustahiq secara terpadu.

Dengan demikian kata Tgk Yusradi akan terbangunnya koordinasi yang kuat dalam program dan kegiatan serta penyaluran ZIS yang tepat sasaran.

Pelaksanaan kegiatan tersebut juga mengikuti protokol kesehatan, setiap peserta selain diharuskan mencuci tangan juga diberikan masker.

Pelatihan dibagi dalam empat sesi, masing-masing pada 14 Desember 2020berlangsung di aula Kantor Bupati diikuti 235 orang.

Selanjutnya, pada 15 Desember 2020 berlangsung di aula Hotel Lido Graha diikuti 207 orang, pada 16 Desember 2020 di Balai Desa Kecamatan Samudera diikuti 213 orang.

Dan terakhir berlangsung di Balai Desa Kecamatan Dewantara pada 17 Desember 2020 diikuti oleh 224 orang.

Penulis | Editor: Tim Tekhnologi Dan Data

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.