27 Camat Hadir Dalam Rapat Koordinasi Dengan BMK Aceh Utara

Aceh Utara | Selasa (03/08/2021) Baitul Mal Aceh Utara melakukan rapat Koordinasi dengan 27 Camat yang ada dalam wilayah Kabupaten Aceh Utara.

Kegiatan Langsung Di buka oleh Kepala Baitul Mal Tgk. Yusradi Ismail, SE. dalam sambutan pembukanya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Camat yang sudah hadir memenuhi Undangan.

Camat merupakan koordinator Baitul Mal Gampong yang harus terbentuk di setiap Gampong sesuai Qanun No. 10 Tahun 2018. Secara Ex Officio Tengku Imum di setiap Gampong adalah Kepala Baitul Gampong yang di Sahkan oleh Kepala Gampong atau Geuchik, kata Tgk. Yus.

Untuk mewujudkan terbentuknya Baitul Mal Gampong Baitul Mal Kabupaten mengharapkan peran serta dan batuan dari seluruh Camat, inilah yang menjadi agenda pokok dalam rapat koordinasi ini, terang Zulfikar Z, S.Pd., MT selaku Kepala Sekretariat.

Wilayah Teritorial Aceh Utara yang cukup Luas tidak akan mampu terjangkau secara keseluruhan tanpa bantuan Para Camat di setiap Kecamatan Serta Geuchik selaku Kepala Gampong, kata Zulfikar.

Baitul Mal Aceh Utara akan melaksanakan kegiatan pelatihan dan pemantapan Badan Baitul Mal Gampong Dalam Waktu dekat ini, di harapkan dapat mempercepat pembentukan serta memperoleh data Para Mustahiq yang ada di setiap Gampong dari Tengku Imum (Imum Gampong), tambah Zulfikar.

Sampai dengan saat ini dari tindak lanjut pelatihan sebelumnya yang telah di laksanakan di akhir 2020, baru 48 Gampong dari 852 Gampong yang sudah melengkapi persyaratan dalam pembentukan Baitul Mal Gampong, serta 60% baru menyerahkan data mustahiq sebagai database, tutup Zulfikar.

Baitul Mal Seharusnya bertranformasi sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga dapat membatu masyarakat yang mampu untuk menghitung nilai zakat yang wajib di bayarkan melalui aplikasi dan tekhnologi yang ada, Nawafih Mahyudha (Camat Dewantara) menyarankan.

Perintah zakat dan Infaq harus di sebar luaskan secara masif melalui media sosial yang di kemas secara menarik sehingga mudah di pahami, Syarul Nizam ( Camat Banda Baro) mengusulkan.

Pastinya banyak tantangan yang bakal di hadapi oleh tengku imum sebab merekalah nantinya yang la ngsung melihat dan siapa saja yang layak sebagai mustahiq dalam penyaluran zakat dan Infaq, tutup Waled Muniruddin (Dewan Pengawas BMK). [aja]

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat