Sekretaris Baitul Mal Gampong Se Aceh Utara Di Latih

Aceh Utara | Baitul Mal Aceh Utaramengadakan pelatihan pembinaan dan koordinasi pemantapan Baitul Mal Gampong (BMG) Rabu(12/8/2021) di Hotel Lido Graha.

Kegiatan tersebut menghadirkan para sekretaris atau calon sekretaris BMG dari 852 Gampong/desa serta perwakilan 27 kecamatan.

Untuk hari kedua ini di hadiri 211 peserta dari 5 kecamatan yang ada yaitu Seunuddon, Tanah Jambo Aye, Langkahan,Cot Girek, Lhoksukon.

Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan yang telah di lakukan pada akhir 2020 lalu yang pesertanya imam gampong dengan tujuan memberikan pemahaman dan tata cara pembentukan BMG sehingga di harapkan pada awal 2021 BMG sudah terbentuk.

Dari 852 gampong /desa di Aceh Utara yang sudah membentuk BMG baru sebanyak 43 Gampong. dari jumlah tersebut terbanyak berada di kecamatan Cot Girek.

‘Bagi gampong yang sudah membentuk dan sudah memiliki SK dari para Geuchik akan di rencanakan dalam waktu dekat untuk kita lakukan pengukuhan,” kata Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Utara Zulfikar Z. S.Pd., MT.

Sedangkan bagi desa yang belum membentuk BMG diharapkan setelah pelatihan ini , peserta perwakilan dari setiap gampong supaya segera mengadakan musyawarah gampong dengan Geuchik bersama aparatur gampong, tuha peut, serta para tokoh masyarakat, adat, pemuda dan agama

Musyawarah itu untuk membentuk BMG yang terdiri dari Ketua (imam Gampong), kemudian memilih Sekretaris, Bendahara serta Kaur Pengumpulan, Kaur Urusan Wakaf, Harta Agama dan Perwalian dan Kaur Penyaluran dengan masing masing anggota 3 orang.

” Target kita di akhir 2021, semua gampong di Aceh Utarasudah terbentuk secara administrasi yang sudah di SK kan dan di kirim ke Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara,” tutup Zulfikar. [aja]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat