Aceh Utara | Pj Bupati Aceh Utara Azwardi Abdullah menyalurkan bantuan pembangunan sarana sanitasi atau MCK, untuk 49 mustahik yang telah lolos verifikasi di kantor Baitul Mal Aceh Utara, Jumat (9/9/2022).

Kepala Baitul Mal Aceh Utara Yusriadi Ismail mengatakan 49 mustahik telah melalui verifikasi langsung ke lapangan oleh tim provinsi.

“Dari 50 calon yang tersebar di 11 kecamatan, 49 lulus verifikasi dan mendapatkan pembangunan sarana sanitasi yang bersumber dari dana Zakat  baitul Mala Aceh,” ucap Yusriadi.

Yusriadi juga mengatakan sebagian besar besar mustahik berdomisili di kecamatan Pirak Timu, Paya Bakong, Samudera, dan Syamtalira Aron.

“Kebanyakan mustahik berasal dari kecamatan yang jauh dari pusat keramaian. Semoga penyaluran bantuan ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujar Yusriadi.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Aceh Utara Azwardi Abdullah meminta masyarakat yang mendapatkan zakat dari Baitul Mal Aceh agar menggunakan sesuai amanah. Jangan dana yang diperuntukkan membangun sarana sanitasi MCK malah dipakai untuk hal lain.

“Saya harap bagi bapak dan ibu yang telah terpilih menjadi mustahik harus menggunakan bantuan ini untuk membangun MCK, jangan digunakan untuk hal lain, apalagi untuk hal yang tidak ada manfaatnya,” sebut Azwardi.

Pj Bupati Aceh Utara juga mengingatkan mustahik untuk segera membangun MCK bila bantuan telah disalurkan. Ia meminta pendamping dari Baitul Mal Aceh Utara ikut membantu serta memantau pembangunan sanitasi.

Dalam acara itu, Azwardi mengingatkan bahwa ketiadaan sarana sanitasi layak merupakan salah satu indikator dalam perhitungan angka kemiskinana. Dengan adanya program ini, ia berharap masyarakat bisa hidup lebih baik, serta tidak lagi risau dengan air bersih dan tempat mandi.

Terakhir Azwardi meminta agar program penyaluran zakat dapat berlangsung sesuai rencana, karena jika berhasil, bukan tidak mungkin program-program lain kembali dapat disalurkan ke Aceh Utara.

“Bila program pembangunan sanitasi ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, selanjutnya saya berani minta agar Baitul Mal Aceh memberikan bantuan lainnya untuk Aceh Utara. Tentu hal ini sangat baik bagi masyarakat kita,” ujar Azwardi.[aja]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *