Aceh Utara | Sekitar 26  calon tenaga profesional Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara, kembali mengikuti ujian  baca Alqur’an di Ofroom Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara, Kamis 16/3/2023.

Kegiatan ujian baca Alqur’an ini merupakan tahapan ke II dari ujian calon tenaga profesional yang harus diikuti oleh para peserta.Selanjutnya para peserta akan mengikuti tahapan akhir wawancara sebagai bagian dari semua rangkaian seleksi yang digelar panitia penerimaan calon tenaga profesional.

Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara Rakhmat Setiadi, S.T., M.A.P mengatakan, Tes baca Alqur’an ini akan diuji dengan beberapa tahapan, seperti cara membaca Alqur’an, Makhrajil Huruf,  sistem penilaian langsung oleh penguji yaitu Tgk  Mukhsin Almubarak, SHI.

” Peserta yang ikut hari ini sebanyak 26 orang dari 31 pelamar yang telah lulus adm, dan ujian tulis setelah ujian baca Alqur’an,” ujarnya.

Kemudian lanjutnya, pada hari pelamar akan mengikuti tahapan akhir yaitu wawancara, dan hasil alhir kelulusan akan diumumkan pada hari yang sama ” Hari ini peserta juga akan tahu jika dirinya lulus atau tidak, karena kami akan mengumumkan langsung hasil dari Ujian baca Alqur’an dan wawancara” jelasnya

Tgk Mukhsin penguji tes baca Alqur’an menyebutkan, beberapa yang menjadi bagian diantaranya, Makhrijil huruf, sifatul huruf, Ahkam Al-huruf, Tamam Al-Qiraat dengan total nilai kelulusan dibawah 100 persen “, Artinya seluruh tahapan ini menjadi nilai akhir, jadi nilai yang kita ambil untuk kelulusan adalah 75 persen” sebutnya.

Sebelumnya, Baitul Mal pada 3-5 maret 2023 membuka penerimaan calon tenaga profesional. Sejak dibuka terdapat 150 peserta mendaftar menjadi calon profesional.Dari 150 pelamar, terdapat 40 yang lulus seleksi administrasi. Selanjutnya dari hasil ujian tulis, 6 peserta tidak datang, 8 tidak lulus ujian tulis, dan yang mengikuti  tahapan akhir adalah sebanyak 26 pelamar.

Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara akan menerima 15 orang tenaga profesional yang dinyatakan telah lulus mengikuti serangkaian tes yang dilakukan Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *